Asal Kata Tarbiyah – Arti dan Penggunaannya

Kata “tarbiyah” sangat akrab dalam dunia pendidikan, khususnya dalam konteks Islam. Namun, tahukah Anda asal kata Tarbiyah itu sendiri?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi akar kata dan signifikansinya dalam konteks pendidikan Islam serta bagaimana konsep ini memainkan peran penting dalam pembinaan pribadi dan spiritual.

Asal Kata Tarbiyah

Dalam ilmu bahasa Arab dikenal dengan istilah isytiqaq, اَلِاشْتِقاق ini mirip derivation dalam bahasa Inggris, yaitu examining the origin of the words (kajian tentang asal-usul kata). Menurut fan ilmu ini, asal kata tarbiyah adalah rabbaa (رَبَّى). Jika diurut akar kata tarbiyah dalam Arab sebagai berikut:

رَبَّى يُربِّي، رَبِّ، ‌تَربيةً، فهو مُرَبٍّ، والمفعول مُرَبًّى

Kata “تربية” (tarbiyyah) berasal dari akar kata رَبَّى (rabba) dalam bahasa Arab.

Tarbiyah dan Rabb

Asal kata tarbiyah di atas, jika di-mujarrad-kan (dimurnikan) asal kata tarbiyah terdiri dari huruf ra-ba-wa

ر ب و

Akar kata ini memiliki kesamaan dengan Rabb yang biasa diartikan tuhan. Namun jika sudah berwujud kata tarbiyah, maknanya adalah terkait dengan pengasuhan, pendidikan, dan pembesaran.

Tarbiyah adalah Konsep Pendidikan

Dari akar kata tarbiyah, berkembang lah menjadi sebuah konsep tarbiyah yang cakupan maknanya lebih luas yaitu tentang konsep pendidikan, pembinaan, dan perkembangan.

Kata tarbiyyah dalam bahasa Arab umumnya digunakan untuk merujuk pada pendidikan atau pembinaan seseorang dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk aspek fisik, mental, moral, karakter dan jiwa spiritual.

Dalam Islam, konsep tarbiyah sangat penting, dan kata ini sering digunakan untuk merujuk pada pendidikan agama, moral, dan spiritual. Konsep ini mencakup pendidikan dalam iman, akhlak, dan tata cara hidup yang baik.

Istilah tarbiyyah sering digunakan dalam konteks pendidikan anak-anak atau pembinaan nilai-nilai dan akhlak. Pengampu tarbiyah ini dikenal dengan sebutan murabbi atau murobbi.

Tarbiyah dan Murobbi

Seperti Anda lihat pada uraian di atas, asal kata tarbiyah dan murobbi berasal dari akar kata yang sama, yaitu “ربَّى” (rabba). Dengan demikian murobbi artinya pelaksana tarbiyah atau mudahnya pendidik, guru atau kiai.

Jadi arti tarbiyah adalah menyangkut makna “pendidikan” atau “pengasuhan,” terutama dalam konteks pengembangan fisik, mentalitas serta moralitas individu, terutama peserta didik. Asal kata tarbiyah menurut sumber asalnya dalam bahasa Arab adalah Rabbaa رَبَّى (Huruf Ra-ba-ba-alif).

Arti tarbiyah dapat dinamis sesui konteks-konteksnya, namun dipastikan bahwa pemaknaan tersebut tidak lepas dari asal kata tarbiyah itu sendiri. sumber artikel nahwu.id

Tinggalkan komentar