Materi Tema Recount Text dengan Contoh Soalnya

Dalam bahasa Inggris, Recount Text adalah topik pelajaran yang menekankan imajinasi dan penerapannya dalam bentuk cerita yang berhubungan dengan waktu. Retelling, begitu kadang sebagian dari kita menyebutnya.

Materi ini sebagai materi lanjutan dari beberapa materi sebelumnya, yaitu perkenalan; memperkenalkan diri dan orang lain dalam bahasa Inggris atau Introducing Oneself and Others. Kemudian materi salam dalam bahasa Inggris atau Greetings dan salam perpisahan, partings/leave takings yang telah dibahas sebelumnya.

Sebelum lebih jauh, sahabat pendidik baiknya memahami pengertian dan tujuan dari Recount Text ini. Diharapkan, dengan pemahaman yang mendalam akan lebih mudah menerapkannya ke peserta didik.

Apa Itu Recount Text?

Recount Text adalah jenis teks yang berfokus pada retelling atau menceritakan kembali suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Teks ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang peristiwa tersebut dengan urutan kronologis dan biasanya ditulis dalam bentuk naratif.

Recount Text digunakan untuk menggambarkan pengalaman pribadi, perjalanan, kegiatan sehari-hari, atau kejadian-kejadian penting lainnya.

Ciri Recount Text

Ciri khas dari Recount Text adalah penggunaan waktu lampau, seperti Simple Past Tense, dan penggunaan kata-kata yang menggambarkan kejadian secara deskriptif. Struktur umum Recount Text terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Orientasi: Bagian ini memberikan latar belakang tentang kejadian yang akan diceritakan, seperti tempat, waktu, dan orang yang terlibat.

Seri kejadian: Bagian ini menceritakan urutan peristiwa secara kronologis. Kejadian-kejadian tersebut diceritakan secara berurutan dan detail.

Evaluasi: Bagian ini berisi penilaian atau refleksi terhadap kejadian yang telah terjadi. Penulis bisa memberikan pendapat, perasaan, atau kesan pribadi terkait kejadian tersebut.

Reorientasi: Bagian ini mengakhiri Recount Text dengan cara menyimpulkan kejadian atau memberikan pesan terkait pengalaman yang telah diceritakan.

Alasan dan Tujuan Pembelajaran

Recount Text artinya jenis teks yang digunakan untuk menceritakan pengalaman atau kejadian yang telah terjadi. Jadi, dlaam Recount Text, kita akan belajar cara menggambarkan kejadian tersebut secara jelas dan terstruktur. Jadi, mari kita pelajari bersama-sama!

Mengapa belajar Recount Text itu penting dalam bahasa Inggris? Nah, dengan mempelajari Recount Text, teman-teman dapat mengembangkan keterampilan menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Kita dapat membagikan cerita-cerita kita kepada orang lain dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Belajar Recount Text juga membantu kita untuk memahami bagaimana menyusun sebuah cerita secara kronologis.

Tujuan pembelajaran kita hari ini adalah:

  • Memahami pengertian dan ciri-ciri Recount Text.
  • Mengetahui struktur yang terdapat dalam Recount Text.
  • Mengembangkan kosa kata dan ekspresi yang digunakan dalam Recount Text.
  • Mampu menulis Recount Text dengan baik dan terstruktur.
  • Mengaplikasikan kemampuan dalam latihan-latihan praktis.

Contoh Recount Text Dan Keterangannya

Dengan contoh recount text yang disertai keterangan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap proses pembelajaran.

My Trip to the Zoo

Last weekend, I went to the zoo with my family. We arrived early in the morning and were excited to see all the different animals. First, we visited the lion enclosure. We watched as the lion roared loudly and walked majestically around its territory. Then, we moved on to the giraffe exhibit. It was amazing to see how tall and graceful they were. We also saw elephants splashing in the water, monkeys swinging from tree to tree, and colorful birds flying in an aviary. We spent the whole day exploring the zoo and learning about different animal species.

Keterangan pembelajaran

Contoh ini merupakan Recount Text tentang kunjungan ke kebun binatang. Siswa dapat mempelajari bagaimana menyusun cerita dengan urutan kronologis, dari kunjungan pertama ke kandang singa, kemudian ke kandang jerapah, dan seterusnya. Siswa juga dapat memperluas kosa kata mereka dengan kata-kata yang berkaitan dengan binatang dan kegiatan di kebun binatang.

My Birthday Party

Last month, I celebrated my birthday with my friends. It was a memorable day filled with fun and laughter. The party was held at my house. First, we played games like musical chairs and pass the parcel. We laughed so hard when my friend got a funny prize! After that, we sang “Happy Birthday” and I blew out the candles on my cake. The cake was delicious, with chocolate frosting and sprinkles. We all enjoyed eating it. We also had a piñata filled with candies. It was so exciting when it finally broke and candies went everywhere. We ended the party by giving out party favors and saying goodbye to each other.

Keterangan pembelajaran

Contoh ini adalah Recount Text tentang pesta ulang tahun. Siswa dapat mempelajari cara menulis Recount Text dengan menggunakan urutan kronologis, mulai dari permainan, menyanyikan “Happy Birthday”, meniup lilin, makan kue, dan berakhir dengan membagikan hadiah kecil kepada teman-teman. Siswa juga dapat memperkaya kosa kata mereka dengan kata-kata yang berkaitan dengan pesta ulang tahun dan kegiatan di pesta.

My First Camping Trip

During the school holiday, my family and I went on a camping trip. It was my first time camping, and it was so much fun! We arrived at the campsite and set up our tent. Then, we went hiking in the nearby forest. We saw beautiful trees, heard birds chirping, and even spotted a deer!

In the evening, we gathered around the campfire, roasted marshmallows, and told spooky stories. I felt a bit scared but also excited. Sleeping in the tent was an adventure too, with the sounds of nature all around us. The next morning, we packed up and said goodbye to the campsite, bringing home lots of wonderful memories.

Keterangan pembelajaran

Contoh ini adalah Recount Text tentang perjalanan berkemah. Siswa dapat belajar cara menyusun cerita dengan memperhatikan urutan kejadian, mulai dari tiba di tempat perkemahan, melakukan pendakian, berkumpul di sekitar api unggun, hingga mengakhiri perjalanan. Siswa juga dapat mengembangkan kosa kata mereka dengan kata-kata yang berkaitan dengan kegiatan berkemah dan alam.

Struktur Recount Text

Melalui struktur Recount Text ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan menulis mereka sambil mengikuti alur yang jelas dan terstruktur. Dengan memahami setiap bagian secara detail, siswa akan dapat membuat cerita Recount Text yang menarik dan informatif.

A. Orientasi

Tujuan orientasi dalam Recount Text:

Orientasi dalam Recount Text memiliki tujuan untuk memperkenalkan pembaca pada latar belakang cerita atau kejadian yang akan diceritakan. Hal ini membantu pembaca memahami konteks dan situasi yang relevan dengan cerita.

Contoh kalimat orientasi:

a. “Pada suatu hari yang cerah di bulan Juli, saya dan keluarga mengunjungi taman hiburan yang terkenal.”

b. “Beberapa minggu yang lalu, saya berkesempatan untuk mengikuti perjalanan sekolah ke pantai yang menarik.”

B. Seri kejadian

Menjelaskan seri kejadian secara kronologis:

Bagian ini menceritakan rangkaian peristiwa atau kegiatan yang terjadi secara berurutan sesuai dengan waktu. Penggunaan time connectives seperti “kemudian”, “setelah itu”, atau “selanjutnya” dapat membantu menyusun alur cerita.

Contoh kalimat seri kejadian:

a. “Pertama-tama, kami antri untuk naik roller coaster yang menegangkan. Setelah itu, kami mencoba permainan piring terbang dan menikmati sensasi terbang di udara.”

b. “Awalnya, kami berjalan-jalan di sekitar taman untuk menikmati pemandangan. Kemudian, kami memutuskan untuk mencoba wahana perahu layang dan merasakan angin sepoi-sepoi di wajah kami.”

C. Evaluasi

Membahas evaluasi atau refleksi terhadap kejadian:

Bagian ini mencakup penilaian pribadi atau pendapat tentang pengalaman yang dialami. Siswa dapat berbagi perasaan, kesan, atau pelajaran yang diperoleh dari kejadian tersebut.

Contoh kalimat evaluasi:

a. “Saya sangat menikmati pengalaman tersebut karena adrenalin yang terpacu ketika naik roller coaster. Saya merasa senang dan tidak sabar untuk mencobanya lagi di lain waktu.”

b. “Perjalanan ke pantai sangat menyenangkan. Saya merasa damai dan terhubung dengan alam saat bermain di pasir dan berenang di laut. Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan.”

D. Reorientasi

Mengakhiri Recount Text dengan penutup yang tepat:

Bagian reorientasi merupakan penutup dari Recount Text yang memberikan kesimpulan atau rangkuman singkat dari cerita yang telah diceritakan. Siswa dapat mengekspresikan harapan, pesan, atau kesan terakhir terkait pengalaman tersebut.

Contoh kalimat reorientasi:

a. “Saya sangat berterima kasih telah memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di taman hiburan. Pengalaman ini akan selalu menjadi kenangan indah bagi saya.”

b. “Perjalanan ke pantai membawa kebahagiaan dan kegembiraan bagi saya. Saya berharap dapat kembali mengunjunginya suatu hari nanti.”

Kosa Kata dan Ekspresi yang Digunakan dalam Recount Text

Dalam Recount Text, penggunaan kosa kata dan ekspresi dalam konteks berbeda, siswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan seperti berbagi pengalaman di depan kelas atau bermain peran untuk menunjukkan pemahaman mereka tentang penggunaan kosa kata dan ekspresi dalam situasi yang berbeda. Hal ini akan membantu meningkatkan keterampilan mereka dalam menulis dan berbicara dalam Recount Text.

A. Menjelaskan kosa kata khusus yang umum digunakan dalam Recount Text

First (pertama): Digunakan untuk menandai urutan awal dalam sebuah cerita. Contoh: First, I woke up and had breakfast.

Next (selanjutnya): Digunakan untuk menandai urutan langkah berikutnya dalam cerita. Contoh: Next, I went to school by bus.

Then (kemudian): Digunakan untuk menandai urutan kejadian setelah langkah sebelumnya. Contoh: Then, I met my friends at the playground.

After that (setelah itu): Digunakan untuk menandai urutan kejadian yang terjadi setelah langkah sebelumnya. Contoh: After that, we played soccer together.

Finally (akhirnya): Digunakan untuk menandai kejadian terakhir dalam cerita. Contoh: Finally, we went home and had dinner.

B. Memberikan contoh kalimat-kalimat dengan kosa kata tersebut

“First, I woke up and brushed my teeth.”

“Next, I got dressed and ate breakfast.”

“Then, I walked to the bus stop and waited for the school bus.”

“After that, I arrived at school and attended my classes.”

“Finally, I went home and played with my toys.”

C. Praktik menggunakan kosa kata dan ekspresi dalam konteks berbeda

Tugas: Minta siswa menuliskan recount text tentang liburan mereka. Gunakan kosa kata dan ekspresi yang telah diajarkan.

Latihan lisan: Berikan siswa kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka dengan menggunakan kosa kata dan ekspresi recount text.

Permainan peran: Roleplay berbagai situasi dan kejadian menggunakan kosa kata dan ekspresi dalam konteks recount text.

Contoh penggunaan kosa kata dan ekspresi dalam Recount Text

Recount Text merupakan jenis teks yang menceritakan kembali pengalaman atau kejadian yang telah terjadi. Untuk menyampaikan cerita secara efektif, penting bagi siswa untuk menguasai kosa kata dan ekspresi yang umum digunakan dalam Recount Text.

Misalnya, jika siswa diminta untuk menulis tentang liburan mereka, mereka dapat menggunakan kosa kata dan ekspresi berikut:

“First, my family and I packed our bags and went to the beach.”

“Next, we built sandcastles and played in the waves.”

“Then, we had a picnic by the seaside and enjoyed the beautiful view.”

“After that, we went for a hike and explored the nearby forest.”

“Finally, we watched the sunset and had a bonfire on the beach.”

Contoh Soal dan Jawaban Materi Recount Text

Berikut 10 contoh soal Recount Text dengan pilihan ganda beserta jawaban dan alasannya:

Baca Juga: Contoh soal expressing happiness dan jawabannya

1.What is the purpose of a Recount Text?

  • A. To entertain the reader.
  • B. To persuade the reader.
  • C. To inform the reader.
  • D. To describe the reader.

Jawaban: C. To inform the reader.

Alasan: Recount Text bertujuan untuk memberikan informasi tentang kejadian atau pengalaman yang telah terjadi.

2. Which part of a Recount Text provides an overview of the event?

  • A. Orientation.
  • B. Series of events.
  • C. Evaluation.
  • D. Reorientation.

Jawaban: A. Orientation.

Alasan: Bagian Orientation dalam Recount Text memberikan gambaran umum tentang kejadian yang akan disampaikan.

3. What is the purpose of the evaluation in a Recount Text?

A. To describe the main events.

B. To provide a conclusion.

C. To express personal opinions.

D. To introduce the topic.

Jawaban: C. To express personal opinions.

Alasan: Evaluasi dalam Recount Text digunakan untuk mengekspresikan opini pribadi atau refleksi terhadap kejadian yang telah terjadi.

4. Which tense is commonly used in a Recount Text?

A. Present tense.

B. Future tense.

C. Past tense.

D. Progressive tense.

Jawaban: C. Past tense.

Alasan: Recount Text menceritakan kejadian yang telah terjadi di masa lalu, sehingga biasanya menggunakan tense masa lampau.

5. What is the last part of a Recount Text called?

A. Orientation.

B. Series of events.

C. Evaluation.

D. Reorientation.

Jawaban: D. Reorientation.

Alasan: Reorientation merupakan bagian penutup Recount Text yang memberikan pengakhiran atau penutup untuk cerita yang telah disampaikan.

6. What is the main characteristic of a Recount Text?

A. It uses poetic language.

B. It includes fictional events.

C. It follows a chronological order.

D. It contains persuasive arguments.

Jawaban: C. It follows a chronological order.

Alasan: Recount Text mengikuti urutan kronologis kejadian yang terjadi.

7. Which of the following is NOT a typical feature of a Recount Text?

A. Dialogue.

B. Time connectives.

C. Descriptive language.

D. Past tense verbs.

Jawaban: A. Dialogue.

Alasan: Recount Text umumnya tidak menggunakan dialog, melainkan lebih berfokus pada deskripsi kejadian yang telah terjadi.

8. What is the purpose of using time connectives in a Recount Text?

A. To create suspense.

B. To introduce characters.

C. To indicate the order of events.

D. To present arguments.

Jawaban: C. To indicate the order of events.

Alasan: Time connectives digunakan dalam Recount Text untuk menunjukkan urutan atau kronologi kejadian yang terjadi.

9. Which of the following is NOT an example of Recount Text?

A. Diary entry.

B. News report.

C. Speech.

D. Recipe.

Jawaban: D. Recipe.

Alasan: Recipe termasuk dalam jenis teks yang berbeda, yaitu Procedure Text.

10. What is the main difference between Recount Text and Narrative Text?

A. Narrative Text uses past tense, while Recount Text uses present tense.

B. Narrative Text is fictional, while Recount Text is based on real events.

C. Narrative Text has a chronological order, while Recount Text is non-linear.

D. Narrative Text has characters and dialogues, while Recount Text does not.

Jawaban: B. Narrative Text is fictional, while Recount Text is based on real events.

Alasan: Narrative Text menceritakan cerita fiktif, sedangkan Recount Text menceritakan kejadian yang berdasarkan peristiwa nyata.

Penutup

Setelah mempelajari topik pelajaran Recount Text, kita dapat mengulang kembali poin-poin penting yang telah dipelajari:

A. Recount Text adalah jenis teks yang digunakan untuk menceritakan pengalaman atau kejadian yang telah terjadi di masa lampau. Teks ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca.

B. Penguasaan Recount Text dalam komunikasi bahasa Inggris sangat penting. Dengan memahami struktur dan bahasa yang digunakan dalam Recount Text, kita dapat berkomunikasi dengan lebih efektif dalam menceritakan pengalaman kita sendiri atau memahami pengalaman orang lain.

C. Untuk belajar lebih lanjut tentang Recount Text, terdapat beberapa sumber daya tambahan yang dapat digunakan. Salah satunya adalah buku-buku pelajaran yang membahas tentang teks ini. Selain itu, internet juga menjadi sumber informasi yang kaya akan contoh-contoh Recount Text yang dapat dipelajari dan dijadikan referensi.

Contoh-contoh Recount Text yang menarik untuk dipelajari dapat berupa cerita tentang liburan keluarga, pengalaman mengunjungi tempat wisata, partisipasi dalam kegiatan olahraga, atau perjalanan sekolah yang seru. Dalam menjelaskan Recount Text kepada anak-anak, kita dapat menggunakan cerita atau pengalaman mereka sendiri untuk membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik bagi mereka.

Melalui pembelajaran Recount Text, anak-anak akan belajar menggunakan kalimat masa lampau dan memperluas kosa kata mereka. Mereka juga akan belajar mengorganisir informasi dalam urutan kronologis dan mengungkapkan opini serta refleksi pribadi mereka terhadap suatu kejadian.

Dalam rangka menguji pemahaman siswa tentang Recount Text, dapat diberikan latihan-latihan praktis berupa menulis Recount Text berdasarkan pengalaman mereka sendiri. Siswa juga dapat diberikan kesempatan untuk membaca dan menganalisis contoh-contoh Recount Text yang telah ada.

Dengan pemahaman yang baik tentang Recount Text, anak-anak akan memiliki keterampilan bahasa Inggris yang kuat dalam menceritakan pengalaman mereka sendiri atau memahami pengalaman orang lain. Hal ini akan membantu mereka dalam berkomunikasi dengan lebih lancar dan percaya diri dalam bahasa Inggris.

Sebagai pendidik, kita dapat terus memberikan dorongan kepada anak-anak untuk membaca dan menulis Recount Text, serta memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan bahasa Inggris secara efektif.

Tinggalkan komentar