Tarbiyah Artinya Pendidikan, Apa Maksudnya?

Kata Tarbiyah artinya pendidikan atau pembelajaran. Jawaban sederhana yang mungkin agar mudah dipaham. Namun jika arti dari Tarbiyah ini dikaji, apalagi dipraktikkan akan menjadi sesuatu yang tidak sederhana lagi

Tarbiyah adalah salah satu dari beberapa metode pembelajaran yang dikenal sampai saat ini. Umumnya, Tarbiyah artinya adalah pendidikan sedangkan murobbi artinya pendidik atau pelaku tarbiyah.

Lalu apa yang membedakan tarbiyah dengan metode lainnya? Sebelum lebih dalam melakukan kajian, baik rasanya mengenal beberapa konsep pendidikan dalam Islam.

4 Konsep Pendidikan Islam

Pendidikan Islam memiliki beberapa konsep penting yang perlu dipahami dan diterapkan dalam proses pembelajaran. Empat konsep tersebut adalah Ta’lim, Tadris, Ta’dib, dan Tarbiyah.

Ta’lim

Apa itu Ta’lim? تَعْلِيْم adalah proses pengajaran yang harus dilakukan oleh guru atau pendidik yang cerdas, tekun, disiplin, dan memiliki ilmu yang luas. Dalam proses ta’lim, terdapat musyawarah dan diskusi antara guru dan murid.

Contoh Ta’lim

Contoh dari Ta”im dapat dilihat pada proses pembelajaran di sekolah. Guru memberikan materi pelajaran dan melakukan diskusi dan musyawarah dengan murid untuk memastikan bahwa setiap murid memahami dan memiliki pemahaman yang kuat tentang materi yang diajarkan. Guru juga harus cerdas, tekun, disiplin dan memiliki ilmu yang luas untuk menjadi sumber belajar yang baik bagi murid.

Tadris

Apa arti Tadris? تَدْرِيس adalah pengamalan ilmu yang telah dipelajari melalui proses pengajaran. Ilmu yang dipelajari tidak hanya sekedar hafalan atau memenuhi keilmuan, melainkan harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Tadris

Contoh dari Tadris adalah siswa yang mempraktikkan ilmu yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, siswa yang mempelajari ilmu tentang cara merawat lingkungan, kemudian menerapkannya dengan membuang sampah pada tempatnya dan membantu menjaga kebersihan lingkungan. Ini menunjukkan bahwa siswa tidak hanya memahami teori tentang lingkungan, tetapi juga mempraktikkan ilmunya dalam kehidupan nyata.

Ta’dib

Arti dari تَأدِيْب adalah proses pengajaran disiplin. Disiplin yang diajarkan harus diterapkan oleh murid dan harus memiliki teladan dari guru atau pendidik.

Contoh Ta’dib

Ta’dib contohnya adalah seorang guru yang mengajarkan perilaku menjaga kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mencontohkan perilaku tersebut dengan memastikan kelas tetap bersih dan rapi sepanjang waktu. Atau, seorang pendidik yang mengajarkan toleransi dan menghormati perbedaan, namun juga mempraktikkan perilaku tersebut dengan bersikap toleran dan menghormati perbedaan pendapat dan latar belakang siswanya.

Tarbiyah

Artinya adalah pengembangan. ini merupakan proses pendidikan yang mudah didiskusikan, namun berat dan sulit untuk dilaksanakan. Karena dalam tarbiyah mencakup banyak variabel baik jasmani maupun ruhani.

Apa itu Tarbiyah?

Tarbiyah artinya pendidikan menyeluruh
Tokoh Tarbiyah

Lafadz Tarbiyah, ‌تَرْبِيَّة berasal dari bahasa Arab. Arti Tarbiyah bisa diketahui dengan melihat asal kata tersebut. Asal kata Tarbiyah adalah rabbi, رَبِّ atau dari fiil madhi Robbaa ربَّى. Rabb artinya yang mencipta, mengasuh, medidik, mengembangkan (membesarkan). Jadi arti tarbiyah adalah pendidikan, pengasuhan dan pengembangan.

Pelaku tarbiyah adalah murabbi, مُرَبٍّ. Murabi artinya orang yang mendidik, mengasuh dan mengembangkan. Dalam praktik pendidikan, murabbi biasanya diidentikan dengan Kyai, guru, dosen. Mereka inilah (jika memenuhi arti dan makna tarbiyah) sosok murabbi.

Pengertian Tarbiyah Menurut Pakar Islam

Tarbiyah merupakan konsep penting dalam pendidikan Islam yang merujuk pada proses pembinaan, pengembangan, dan pendidikan komprehensif individu dari segi spiritual, moral, intelektual, dan sosial. Berikut adalah beberapa pengertian tarbiyah menurut para ahli:

Imam al-Ghazali

Menurut Imam al-Ghazali, tarbiyah artinya proses pembentukan dan pengembangan akhlak dan moral individu untuk mencapai kesempurnaan manusia secara keseluruhan, termasuk pembentukan kesadaran spiritual dan pemahaman agama yang benar.

Ibnu Khaldun

Ibnu Khaldun berpandangan bahwa tarbiyah artinya proses pembentukan dan pengembangan akhlak, etika, dan karakter individu melalui pendidikan yang diberikan oleh masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Hasan al-Banna

Pendiri Ikhwanul Muslimin, Hasan al-Banna, mengartikan tarbiyah sebagai proses pembinaan komprehensif individu dalam segala aspek kehidupan, termasuk spiritualitas, moralitas, pengetahuan, keterampilan, dan pengabdian kepada masyarakat.

Syed Muhammad Naquib al-Attas

Pandangan Al-Attas, tarbiyah artinya sebagai pendidikan dan pengembangan yang berpusat pada pemahaman dan penghayatan nilai-nilai kebenaran dan kebaikan dalam Islam, serta pembentukan kepribadian yang harmonis dan seimbang.

Muhammad Iqbal

Iqbal, seorang filosof dan penyair Muslim, mengartikan tarbiyah adalah proses pembentukan dan pengembangan potensi manusia yang meliputi pemahaman diri, kesadaran spiritual, pengembangan intelektual, dan kontribusi aktif terhadap masyarakat.

Titik Temu Perbedaan Definisi Tarbiyah

Meskipun ada variasi dalam pengertian tarbiyah menurut para ahli, terdapat titik temu yang dapat ditemukan di antara mereka. Berikut adalah beberapa titik temu yang dapat dilihat dari berbagai macam pengertian tarbiyah tersebut:

Proses pembinaan

Semua pengertian diatas, tarbiyah artinya menekankan pentingnya proses pembinaan dan pengembangan individu. Tarbiyah melibatkan upaya aktif dalam membentuk karakter, akhlak, dan potensi individu agar mencapai kesempurnaan.

Pendidikan komprehensif

Tarbiyah memperhatikan pengembangan individu dalam segala aspek kehidupan, termasuk spiritualitas, moralitas, pengetahuan, keterampilan, dan kontribusi sosial. Tarbiyah tidak terbatas pada pendidikan formal, tetapi juga mencakup pendidikan informal dan lingkungan sosial.

Orientasi keagamaan

Semua pengertian tarbiyah mengarah pada orientasi keagamaan yang kuat. Tarbiyah dalam pendidikan Islam bertujuan untuk membentuk individu yang memiliki pemahaman dan penghayatan nilai-nilai kebenaran dan kebaikan dalam Islam.

Pembentukan karakter

Tarbiyah berfokus pada pembentukan karakter individu yang berakhlak mulia, etis, dan bertanggung jawab. Ini mencakup pengembangan sifat-sifat seperti kesabaran, kejujuran, kerja keras, kasih sayang, dan keadilan.

Pengembangan potensi

Tarbiyah bertujuan untuk mengembangkan potensi individu secara keseluruhan, termasuk aspek spiritual, intelektual, dan sosial. Hal ini melibatkan pemahaman diri, pengembangan keterampilan, dan penggunaan potensi individu untuk berkontribusi positif bagi masyarakat dan umat manusia.

Konsep Tarbiyah

Konsep tarbiyah lebih berat dari ta’lim, tadris, dan ta’dib, karena tarbiyah tidak hanya melibatkan pengajaran dan pembelajaran ilmu, namun juga melibatkan perkembangan jiwa dan akhlak seseorang. Dalam konsep tarbiyah artinya pendidik berperan sebagai murabbi yang membantu mengembangkan potensi dan bakat murid, mengarahkan mereka menuju kepada kebaikan, dan mengajarkan mereka untuk berpikir kreatif dan mandiri.

Singkatnya, semua aspek yang terdapat dalam murid, seperti karakter, kekuatan fisik, mental, dan moralnya adalah objek murabbi untuk dipelihara dan dikembangkan sehingga mereka dapat mencapai kesempurnaannya.

Murabbi memiliki peran penting dalam membentuk pribadi dan kepribadian seseorang, sehingga konsep-konsep ta’lim, tadris, ta’dib, dan tarbiyah harus diperhatikan dan diterapkan dengan baik dalam proses pembelajaran. Pendidikan Islam tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, namun juga membentuk akhlak dan moral seseorang sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia.

Contoh Tarbiyah

Contoh Tarbiyah adalah seorang guru memfasilitasi aktivitas belajar-mengajar yang memotivasi dan membantu murid untuk mengembangkan potensi mereka seperti minat, bakat, dan kemampuan unik yang dimilikinya.

Murabbi juga dapat memberikan tugas-tugas yang menantang dan membantu murid untuk memecahkan masalah, sehingga mereka dapat belajar dan berkembang secara positif. Murobbi juga dapat memberikan support, dukungan dan bimbingan untuk membantu murid mencapai tujuannya dan menjadi individu yang sehat dan produktif.

Termasuk Tarbiyah adalah pendidikan sehari-hari yang dilakukan oleh seorang Ibu. Sosok mulia ini merupakan madrasah pertama bagi anaknya. Meskipun tidak terkonsep dan sistematis, praktik Ibu dalam merawat, membesarkan dan mendidik anak-anaknya merupakan bentuk tarbiyah yang sesungguhnya.

Demikian uraian singkat tentang konsep pendidikan Islam yang salah satunya adalah Tarbiyah. Memang, Tarbiyah artinya cukup singkat; pendidikan. Namun pemaraktikan konsep tarbiyah ini memerlukan sosok Murabbi yang kaffah baik dalam keilmuannya maupun akhlaqnya.

Murabbi dapat siapa saja, baik dalam lingkungan keluarga, seperti orang tua, maupun pendidikan formal seperti ustadz, guru. Atau non formal seperti Kyai dan Bu Nyai. Yang terakhir ini lebih dikenal dengan sebutan murabbi ruhina artinya pendidik jiwa kami. (alhikmah-14)

Tinggalkan komentar