Arti Murobbiyah dalam Tarbiyah Islamiyah

Istilah “Murobbiyah” mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, namun di pesantren dan pendidikan Islam, istilah ini sering dipergunakan. Arti Murobbiyah bervariasi tergantung pada peran dan fungsi yang diemban oleh individu tersebut dalam lembaga pendidikan.

Meskipun demikian, Murobbiyah memiliki kesatuan makna hakiki yang menjadi pondasi dari peran mereka dalam membentuk karakter dan kepribadian generasi muda Muslim.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan arti Murobbiyah dan perannya di pesantren dan lembaga pendidikan Islam dalam membentuk para santri dan mempersiapkannya memasuki dunia yang nyata.

Murobbiyah Artinya

murobbiyah artinya

Term Murobbiyah adalah istilah khas dalam tarbiyah islamiyah. Murobbiyah adalah bentuk feminin dari kata “murobbi.” Jika murobbi artinya pembimbing dan pendidik laki-laki, maka “murobbiyah” merujuk kepada perempuan yang memiliki peran serupa dalam membimbing dan mendidik. Jadi, murobbiyah artinya pembimbing perempuan.

Murid atau santri biasanya menyebut dan memanggil pendidik/guru perempuan dengan sebutan murobbiyah. Umumnya istilah ini dikenal di pesantren, asrama, sekolah Islam yang khusus untuk perempuan.

Peran Murobbiyah dalam Tarbiyah

peran murobbiyah artinya

Setelah memahami arti Murobbiyah, bagaimana sebenarnya peran mereka? Peran mereka memiliki signifikansi yang sangat besar, terutama karena mereka menghabiskan waktu 24 jam setiap harinya bersama para santri putri. Beberapa dari peran mereka antara lain:

Pembimbing dan Pengasuh

Murobbiyah, khususnya di lingkungan pesantren putri, memiliki peran penting sebagai pembimbing dan pengasuh. Mereka membimbing santriwati (santri perempuan) dalam aspek spiritual, akhlak, dan pendidikan Islam.

Pengembangan Karakter

Salah satu fokus utama Murobbiyah adalah pengembangan karakter. Mereka membantu santriwati memahami nilai-nilai Islam dan berupaya menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran agama.

Pendidikan Holistik

Murobbiyah bukan hanya pendidik dalam aspek agama, tetapi juga dalam hal akademis dan keterampilan lainnya. Mereka berkontribusi pada perkembangan holistik santriwati.

Pendamping Sehari-hari

Murobbiyah selalu hadir untuk memberikan dukungan dan pemahaman kepada santriwati dalam menjalani kehidupan sehari-hari, baik di pesantren maupun di luar pesantren. Mereka adalah teman yang dapat diandalkan.

Model Perilaku Positif

Sebagai figur yang mendidik, Murobbiyah diharapkan menjadi contoh yang baik dalam perilaku dan sikap. Mereka meneladani nilai-nilai positif yang diterapkan dan memberikan inspirasi kepada santriwati.

Panduan Masa Depan

Murobbiyah juga membantu santriwati merencanakan masa depan mereka. Mereka membimbing dalam mengidentifikasi impian dan tujuan hidup serta memberikan saran untuk mencapainya.

Murobbiyah adalah tulang punggung pendidikan Islam di pesantren putri. Mereka tidak hanya membantu santriwati mencapai prestasi akademis, tetapi juga membentuk karakter, moralitas, dan spiritualitas yang kuat.

Semoga artikel tentang arti murobbiyah dan peranannya ini membantu Anda memahami betapa pentingnya peran mereka dalam mendidik dan membimibg generasi penerus umat Islam. Teruslah belajar dan berkontribusi dalam ajaran agama Islam!

Tinggalkan komentar